Berita yang harus dikabarkan

Audio: 

Nas: Lukas 2:8-20

Hampir tiap hari kita menyaksikan berita buruk. Tanggal 12 Desember kita membaca berita longsor di Banjarnegara. Disusul oleh penyanderaan di kafe di Sydney pada tanggal 16 Desember. Kemudian diikuti oleh penyanderaan anak SD di Gresik keesokan harinya. Ditambah dengan berita lemahnya nilai Rupiah. Kondisi ini membawa kecemasan, ketakutan, kekuatiran dan keputusasaan.

Kondisi yang sulit dialami juga oleh para gembala. Mereka tidak punya pengharapan dan dikelilingi oleh kekuatiran. Tiba-tiba datanglah malaikat kepada para gembala dan memberitakan kelahiran Yesus. Berita kelahiran seorang Mesis memiliki makna yang besar bagi umat Israel dan seluruh dunia.

1. Berita kelepasan (Yesaya 40)

Kedatangan Yesus melepaskan kita dari belenggu dosa yang mengikat manusia. Dosa yang mengikat kita dipikul oleh Yesus yang dibelenggu dan mati di Salib menggantikan kita. Karena dosa kita telah diampuni dan ditanggung oleh Yesus, berita kedatangan Yesus menjadi sukacita bagi umat manusia.

2. Berita pengharapan

- kelahiran Yesus adalah berita pengharapan bagi mereka yang menanti-nantikan Tuhan (Yesaya 40:31)
- Tuhan Yesus datang ke dalam dunia yang tidak memiliki pengharapan

Menaruh pengharapan pada dunia yang penuh dengan berita buruk adalah sia-sia karena dunia hanya memberikan harapan palsu.

Mari kita memandang ke depan, kepada pengharapan yang sejati yang akan datang untuk kedua kali sambil memberitakan pengharapan itu kepada dunia, keluarga, sahabat, rekan kerja atau siapapun yang sedang mengalami keputusasaan.

Pembicara: 
GI. Aksi Bali